15.52
2
Hi sobat Blogger, lagi nyari - nyari cara buat optimalisasi SEO ya ? hehee, kebetulan banget sob, Artikel yang saya tuliskan kali ini adalah artikel mengenai cara untuk mengurangi atau bahkan melenyapkan semua link Eksternal yang ada di Blog sobat. Kalian sudah tahu donk apa itu nofollow ataupun dofollow ? jika belum tahu, singkatnya nofollow itu adalah No Indeks ( tidak diperbolehkan untuk di indeks oleh search engine ) dan dofollow itu Do Indeks ( diperbolehkan untuk di indeks oleh search engine ).

Kalian pasti bertanya-tanya, Google lebih suka blog Nofollow atau Dofollow ???
jawabannya sudah pasti Nofollow, kenapa ? karena blog nofollow akan jauh dari sebutan Blog Spam dan akan jadi Blog kesayangan Google, tapi kekurangannya Blog dengan rel nofollow pasti sepi komentar, kenapa ? ya karena semua komentar yang ada dalam blog nofollow itu tidak akan diindeks oleh Search Engine dan mereka (si pemberi komentar) tidak akan mendapatkan backlink dari Blog kita (yang dikomentari). Lalu, bagaimana dengan Blog Dofollow ? tentu saja kebalikan dari blog nofollow.

Nah, selepas dari penjelasan diatas, saya akan memberi tahu cara untuk mengurangi Eksternal link yang ada di blog sobat. kalian pasti tahukan kalo Eksternal link (Linkout) jumlahnya harus lebih sedikit dari Link in.

Cara yang pertama : (Manual)
Dengan cara meberi centang tag rel="nofollow" pada menu link dalam postingan blog.

nofollow
Cara yang kedua : (otomatis)
Cara yang ini menggunakan javascript yang dibuat khusus untuk memberikan tag rel nofollow pada semua eksternal link yang ada di Blog sobat.

Langkah - langkah :
Berikut ini adalah langkah - langkah mengubah semua link eksternal menjadi Nofollow.

1.) Login ke Blogger
2.) Pilih template >> edit HTML. Backup Template terlebih dahulu bila perlu
3.) Cari kode </head>, Gunakan ctrl+f agar lebih mudah dalam mencarinya
4.) Taruh kode script di dibawah ini sebelum atau diatas kode </head>
<script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
<script type='text/javascript'>
<![CDATA[
jQuery('a').each(function(){var a=jQuery(this).attr('href');if(typeof a!='undefined'&&a!=""&&(a.indexOf('http://')!=-1||a.indexOf('https://')!=-1)&&a.indexOf(window.location.hostname)==-1){jQuery(this).attr("rel","nofollow")}});
]]>
</script>
5.) Simpan
6.) Done !

Cek hasilnya di website SEO tools manapun, saya menyarankan cek di seoanalyzer.net

2 komentar: